Untitled Document

PETUNJUK PENGGUNAAN
APLIKASI E-BOOK PERATURAN KEPEGAWAIAN
PENGADILAN NEGERI BANGKINANG KELAS IB

Download dalam bentuk pdf Petunjuk Penggunaan Aplikasi E-Book

Aplikasi E-Book Peraturan Kepegawaian adalah aplikasi untuk melakukan pengelolaan atau pengarsipkan data peraturan kepegawaian yang terstruktur dalam dokumen elektronik yang berbentuk e-book dan file pdf. Data peraturan kepegawaian yang tersimpan adalah semua peraturan kepegawaian yang dikeluarkan oleh Instansi Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, Peraturan kepegawaian tersebut berupa SK (Surat Keputusan) baik yang dibuat oleh ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB. dalam perkembangan jangka menengah aplikasi E-Book ini akan diisi juga oleh peraturan yang berasal dari Mahkamah Agung RI, adapun dalam jangka panjang aplikasi E-book akan memuat semua peraturan kepegawaian yang ada di indonesia yang berasal dari peraturan perundang-undangan. Tampilan E-Book dirancang sedemikian rupa supaya pengguna mudah dan nyaman dalam membaca peraturan yang ada.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi E-book ini adalah bahwa aplikasi ini diakses secara online oleh sebab itu membutuhkan akses internet yang stabil. Aplikasi E-book dapat diakses dengan alamat url www.ebookkepegawaian.pn-bangkinang.go.id sebagaimana gambar dibawah ini.


Setelah halaman diatas diakses maka akan muncul tampilan home aplikasi E-Book Peraturan Kepegawaian Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB pada gambar di bawah ini.

Halaman depan (home) pada aplikasi E-Book Peraturan Kepegawaian Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB berisi menu Loin, Menu PN Bangkinang, Menu Mahkamah Agung, Menu Sekretaris MA RI, Menu Presiden dan Menu Perundangan (UU). Masing-masing menu tersebut berisi peraturan kepegawaian sesuai dengan instansinya, adapun pada tahap awal ini, aplikasi E-book hanya berisi data peraturan kepegawaian dari Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB. Tampilan E-Book Peraturan Kepegawaian terdiri dari dua bagian yaitu tampilan pada pengguna admin dan tampilan pada pengguna umum. Tampilan pengguna admin merupakan pengelola dari aplikasi ini yang bertugas melakukan setting data login, data instansi, data jenis peraturan dan upload data peraturan.

I. MENU PENGGUNA ADMIN
Menu pengguna admin terdiri dari menu proses login sistem, setting menu data login, setting menu data instansi, setting menu jenis peraturan dan upload data peraturan.

1. Menu Proses Login Sistem
Pada halaman utama untuk melakukan login sistem kedalam aplikasi ini dengan pengguna admin yaitu lakukan klik pada menu “Log In” maka selanjutnya akan muncul form login sistem sebagaimana dibawah ini.

Selanjutnya masukkan username dan password kemudian lakukan klik pada tombol “Login” maka jika username dan password benar akan masuk kedalam menu utama sedangkan jika username dan password salah maka gagal login dan akan muncul pesan “Login Anda Tidak Benar”.
Setelah login berhasil, maka pengguna admin dapat melakukan pengelolaan terhadap data login pengguna, data instansi, data jenis peraturan dan data peraturan. Tampilan halaman utama dari login admin sebagai berikut:

2. Setting Menu Login Pengguna
Untuk melakukan pengelolaan data login pengguna lakukan langkah-langkah sebagai berikut: pada halaman utama login admin lakukan klik pada menu “Login Sistem” selanjutnya akan muncul form login sistem seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk melakukan penambahan data login pengguna lakukan klik pada tombol “Tambah Login” maka akan muncul form seperti pada gambar dibawah ini.

Lakukan pengisian data pada semua field isian kemudian tekan tombol “Simpan”. Sedangkan untuk melakukan perubahan maupun perubahan data login admin lakukan klik pada tombol “Edit” maka akan muncul form perubahan data login admin kemudian lakukan perubahan data dan tekan tombol “Ubah”, adapun untuk melakukan penghapusan data login admin ketika muncul form perubahan data login admin lakukan klik pada tombol “Hapus” maka data login admin dihapus dari database.

3. Setting Menu Data Instansi
Data instansi adalah nama unit kerja atau instansi yang membuat peraturan kepegawaian. Untuk melakukan pengelolaan data instansi lakukan langkah-langkah sebagai berikut: pada halaman utama login admin lakukan klik pada menu “Instansi” selanjutnya akan muncul form data instansi pembuat peraturan kepegawaian seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk melakukan penambahan data instansi lakukan klik pada tombol “Tambah Instansi” maka akan muncul form seperti pada gambar dibawah ini.

Lakukan pengisian data pada semua field isian yang terdiri dari nama instansi, keterangan instansi, nomor urut ditampilkan, dan status publikasi kemudian tekan tombol “Simpan”. Sedangkan untuk melakukan perubahan maupun perubahan data instansi lakukan klik pada tombol “Edit” maka akan muncul form perubahan data instansi kemudian lakukan perubahan data dan tekan tombol “Ubah”, adapun untuk melakukan penghapusan data instansi ketika muncul form perubahan data instansi lakukan klik pada tombol “Hapus” maka data instansi dihapus dari database.

4. Setting Menu data Jenis Peraturan
Data jenis peraturan adalah jenis dari peraturan yang dikeluarkan oleh instansi pembuat peraturan kepegawaian, misalkan sebuat surat keputusan, surat edaran, instruksi dan sebagainya. Untuk melakukan pengelolaan data jenis peraturan lakukan langkah-langkah sebagai berikut: pada halaman utama login admin lakukan klik pada menu “Jenis Peraturan” selanjutnya akan muncul form data jenis peraturan seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk melakukan penambahan data jenis peraturan lakukan klik pada tombol “Tambah Jenis Peraturan” maka akan muncul form seperti pada gambar dibawah ini.

Lakukan pengisian data pada semua field isian yang terdiri dari jenis peraturan, jenis peraturan rinci, keterangan jenis peraturan dan nama instansi pembuat peraturan, kemudian tekan tombol “Simpan”. Sedangkan untuk melakukan perubahan maupun perubahan data jenis peraturan lakukan klik pada tombol “Edit” maka akan muncul form perubahan data jenis peraturan kemudian lakukan perubahan data dan tekan tombol “Ubah”, adapun untuk melakukan penghapusan data jenis peraturan ketika muncul form perubahan data jenis peraturan lakukan klik pada tombol “Hapus” maka data jenis peraturan dihapus dari database

5. Setting Menu data Peraturan
Data peraturan merupakan kumpulan dari peraturan kepegawaian yang akan ditampilkan dalam aplikasi dalam bentuk e-book. Untuk melakukan pengelolaan data peraturan lakukan langkah-langkah sebagai berikut: pada halaman utama login admin lakukan klik pada menu “Peraturan” selanjutnya akan muncul form data peraturan seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk melakukan penambahan data peraturan lakukan klik pada tombol “Tambah Peraturan” maka akan muncul form seperti pada gambar dibawah ini.

Lakukan pengisian data pada semua field isian berupa nomor peraturan, tahun peraturan, nomor peraturan lengkap, tanggal dikeluarkannnya peraturan, tentang isi peraturan, penjelasan peraturan, file e-book, file pdf, kata munci, jenis peraturan, nama instansi, pejabat yang mengeluarkan peraturan, status berlaku dan bagian yang mengarsipkan, kemudian tekan tombol “Simpan”. Sedangkan untuk melakukan perubahan maupun perubahan data peraturan lakukan klik pada tombol “Edit” maka akan muncul form perubahan data peraturan kemudian lakukan perubahan data dan tekan tombol “Ubah”, adapun untuk melakukan penghapusan data peraturan ketika muncul form perubahan data peraturan lakukan klik pada tombol “Hapus” maka data peraturan dihapus dari database
Setelah data login admin, data instansi, data jenis peraturan dan data peraturan telah dilakukan pengelolaan secara benar oleh pengguna admin maka tampilkan e-book aplikasi kepegawaian akan tampil dengan sempurna dan dapat diakses oleh pengguna umum secara baik.

II. MENU PENGGUNA UMUM
Pada halaman utama, untuk melihat E-Book Peraturan Kepegawaian PN Bangkinang yaitu dengan cara sebagai berikut:
1. Pada Menu PN Bangkinang arahkan mouse dan klik menu tersebut maka akan mucul sub menu Peraturan PN Bkn, lakukan klik pada sub menu tersebut.

2. Selanjutnya akan muncul semua Peraturan Kepegawaian Pengadilan Negeri Bangkinang, seperti pada gambar dibawah ini.

3. Pada Peraturan Kepegawaian tersebut terdapat fasilitas pencarian yang gunanya untuk lebih memudahkan dalam mendapatkan peraturan yang di inginkan, parameter pencarian terdiri dari pencarian berdasarkan nomor peraturan, tahun peraturan, judul peraturan dan kata kunci peraturan, setelah diisi salan satu/ sebagian atau seluruhnya parameter tersebut tekan tombol “Cari” maka masil pencarian kan ditampilkan. Tombol “Kosongkan” berfungsi untuk mengosongkan parameter pencarian dan menampilkan semua data peraturan, sedangkan tombol “Tampil Khusus E-Book” berfungsi untuk menampilkan data khusus peraturan yang didalamnya sudah ada E-Booknya, didalam daftar peraturan kepegawain tersebut ada beberapa data SK yang tidak ada E-Book nya dikarenakan data SK tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan peraturan kepegawaian.
4. Setelah data peraturan yang diinginkan ditemukan maka selanjutnya pengguna dapat melihat informasi tentang peraturan tersebut dengan melakukan klik pada tombol “Preview” maka akan tampil gambar dibawah ini.

5. Adapun tombol “Penjelasan” berfungsi untuk melihat informasi lebih rinci dari peraturan tersebut dengan cara melakukan klik pada tombol “Penjelasan” maka kan muncul informasi rinci peraturan seperti pada gambar dibawah ini.

6. Sedangkan untuk membaca E-book secara online lakukan klik pada tombol “E-Book” maka akan muncul halaman E-Book yang dapat dibaca secara online oleh pengguna seperti pada gambar dibawah ini.

7. Tampilan E-Book didesain dengan sofware Flip PDF Profesional dengan tampilan yang sangat menarik, bertujuan supaya pengguna dapat dengan mudah dan nyaman dalam membaca peraturan kepegawaian. Untuk pindah kehalaman berikutnya akan terlihat seperti membuka sebuah buku dengan animasi yang userfriendly seperti pada gambar dibawah ini.

8. Dalam tampilan E-book ini juga terdapat fasilitas untuk zoom (perbesar tampilan) dan untuk Search (pencarian teks) didalam E-book, pengguna juga dapat memilih halaman sesuai keinginan jika halaman peraturan tersebut banyak denan cara mengisi nomor halaman kemudian menekan tombol “Enter”.
9. Pengguna juga dapat melakukan download peraturan kepegawaian tersebut dalam bentuk dokumen pdf dengan cara melakukan klik pada tombol “Unduh Pdf” sebagaimana gambar dibawah ini.

Demikian petunjuk penggunaan aplikasi E-Book Peraturan Kepegawaian ini semoga dapat dengan mudah dipahami dan aplikasi ini bermanfaat untuk kita semua

== TERIMA KASIH ==